Dunia Gelap Tanpa Ilmu

Bayangkan! Jika kita sedang berjalan dalam kegelapan. Jalannya pelan, tangan kita akan meraba ke sana-kemari. Pasti, kaki kita sering terantuk batu atau benda lain.
Hidup kita juga akan seperti itu, apabila kita tidak memiliki ilmu. Sebab, di dunia ini tersimpan banyak rahasia Allah Swt. jadi, kalau kita punya ilmu, hidup ini akan terasa nikmat. Bagaikan berjalan di bawah cahaya terang benderang.

Salah jalan
Tanpa ilmu, hidup kita akan sering salah jalan.

Sumber ilmu
Kita dapat mencari ilmu dari Al-Quran dan Al-Hadis. Ilmu juga dapat kita temukan dari alam raya ini, seperti Bumi, Langit, hewan, tumbuhan, dan manusia. Dari sanalah, kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan.

Tidak boleh sombong
Kalaulah air lautan dijadikan tinta, tumbuhan dijadikan pena. Semua tidak akan cukup untuk menuliskan ilmu Allah Swt. Sebab ilmu-Nya sangat luas. Nah, kalau kita punya ilmu, jangan sombong! Ilmu kita hanya setitik saja dibandingkan dengan ilmu Allah Swt. yang Mahapintar!

SI ANAK BATU
Ada murid pesantren yang sudah putus asa untuk belajar. Dia memilih pulang ke kampungnya. Di tengah perjalanan, turun hujan. Dia pun berteduh di pohon yang rindang. Lalu, dia memperhatikan batu yang berlubang karena tetesan air. “Waaah, ternyata batu dapat hancur oleh air,” bisik hatinya. “Mungkin aku juga dapat seperti air ini. Aku dapat memahami pelajaran dengan baik jika aku rajin dan sabar.” Akhirnya, murid itu kembali lagi ke pesantren. Setelah bertahun-tahun belajar, dia menjadi seorang ulama yang hebat. Dia pun dijuluki Ibnu Hajar, artinya si Anak Batu.

0 Response to "Dunia Gelap Tanpa Ilmu"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme